Tips Membuat CV (Curriculum Vitae)

Buat kamu yang akan melamar kerja, membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik itu penting banget lho. Tujuan utama membuat CV itu apa sih? Tentu saja supaya pewawancara tertarik untuk memanggil kamu dan ingin tahu lebih tentang siapa dirimu.

Patokan CV kamu itu baik apa nggak, bisa dilihat dari apakah si pewawancara menghubungi kamu lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan apa nggak. Misalnya nih, setelah kamu mengajukan surat lamaran beserta CV, pihak perusahaan biasanya ngasih informasi kapan kamu akan dipanggil. Misalnya satu minggu setelah surat lamaran masuk. Kalau belum satu minggu sudah dipanggil, berarti perusahaan tersebut tertarik sama profil kamu di CV.

Nah, gimana caranya membuat CV yang menarik si pewawancara ? Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan kalau mau bikin CV. Apa aja itu? Silahkan disimak :

1.       Gampang Dibaca

Ini penting. Biasanya, kalau orang berharap banget bisa diterima kerja, surat lamarannya terlalu lebay dan bertele-tele. Nah, usahakan setiap paragraf jangan terlalu panjang. Font tulisan usahakan cukup besar dan supaya jelas dibaca.

2.       Padat dan Berisi.

Pastikan nama, alamat, latar belakang pendidikan, status, dan juga informasi lainnya yang mendukung profil kamu itu tertulis lengkap. Misalnya, kamu pernah ikut pelatihan ini, workshop itu, kursus, atau pernah aktif di suatu organisasi A. Cantumkan aja, yang penting jangan bertele-tele dan sesuai dengan perusahaan yang kamu inginkan. Kalau kamu melamar ke perusahaan media, cantumkan dengan detail pengalaman-pengalaman dan prestasi kamu di bidang media.

3.       Maksimal Dua Lembar Saja

Satu lembar CV sebenarnya sudah cukup. Tapi, kalau memang perlu tambahan, usahakan tambah satu lembar saja untuk CV.

4.       Tidak Merekayasa Informasi

Ini yang utama. Jujurlah dalam menuliskan informasi. Misalnya, kalau kamu usianya 25 tahun, sedangkan perusahaan membatasi usia maksimal 25 tahun, tulis saja umur kamu 25 tahun. Jangan dikurangi. Jujur diawal itu lebih baik untuk karier kamu.

5.       Diteliti Dulu Sebelum Mengirim

Siapa tahu ada yang salah dengan data yang akan kamu kirim. Jangan bosan-bosan meneliti. Kalau udah yakin datanya benar, baru dikirim.

6.       Judulnya Jelas

Ini khusus buat kamu yang mengirim lamaran lewat email. Pastikan judul email dan filenya jelas. Misalnya, “CV Waitress” buat kamu yang magang di restoran.  Lebih spesifik. Jangan hanya “CV Saya”, itu terlalu umum.

Oleh Kontributor Studyinjogja : Bong Rizqi

 

1 Comment

  1. Pingback: Download Contoh CV (Curriculum Vitae) | studyinjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>