Si Pitung, Robot Quadcopter Karya Mahasiswa UGM

Tim Boyo Instrumen dari Universitas Gadjah Mada (UGM), berhasil membuat dua robot yang dapat mendeteksi korban bencana dan pendataan lain di lokasi bencana yang sulit dijangkau helikopter dan kendaraan lain. Satu robot Quadcopter diberi nama ‘Si Pitung’ dan satu robot Explorer Bot yang diberi nama ‘Paijo’.

Quadcopter merupakan robot terbang yang dapat membawa muatan berupa robot mobil yang dapat terbang ke lokasi titik bencana dan memantau kondisi dari atas. Pada titik bencana, quadcopter akan menerjunkan robot mobil yang dapat menelusup ke reruntuhan dan mendeteksi keberadaan korban. Quadcopter memiliki daya jelajah sejauh 1 kilometer dengan lama terbang terbang 15 menit, tergantung daya baterai.

Adapun Exploler Bot atau robot mobil dilengkapi dengan kamera untuk melihat kondisi di lokasi bencana. Pada robot ini ditanamkan sensor infra merah untuk mendeteksi keberadaan korban yang masih hidup. Selain itu, juga disiapkan sensor suhu. Exploler Bot ini memiliki daya jelajah 1 kilometer dengan kemampuan sensor sejauh 6 meter.

Menurut penuturan Andika, salah satu Tim Boyo Instrumen, latar belakang pembuatan robot untuk bencana ini lantaran Jogja merupakan daerah rawan bencana. Ke depannya akan dikembangkan dengan menambahkan sensor tambahan, seperti sensor gas atau sensor vulkanik. “Nanti bisa disesuaikan dengan kebutuhan bencananya. Selain untuk menemukan korban bencana, ke depan robot ini diharapkan bisa melakukan dropping obat di lokasi sulit,” ujarnya.

Tim robot UGM berhasil menyabet medali emas dan perak dalam kompetisi robot dunia “The 13th International Robot Olympiad 2011"

Pembuatan robot ini pun tidak menghabiskan banyak biaya. Alat-alat yang digunakan diperoleh dari barang-barang bekas yang sering dipakai anak kos. “Kami menggunakan alumunium jemuran untuk membuat rangka pesawat. Begitu pula untuk kerangka quadcopter memakai teralis bekas milik teman-teman kos dan sebagian lainya hasil berburu di Pasar Klitikan,” jelas Ketua Tim Boyo Instrument, Christian Antonia L.P. (byn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>