Serunya Komunitas Senyum

Jumat ini Komunitas Senyum hadir mengajak kita menebar semangat kebaikan dengan berbagai kegiatan yang akan memberi senyum masa depan anak-anak panti asuhan. Simak penuturan komunitas ini tentang kegiatan mereka.

  • Apa yang menginspirasi berdirinya komunitas ini?

Awal berdirinya kmunitas ini sekitar awal tahun 2009, ada sekitar 7 orang yang kebanyakan mahasiswa psikologi UGM, punya keinginan untuk bikin komunitas yang bisa ngasih training untuk pengembangkan diri remaja. Lalu pada perkembangan selanjutnya, sekitar akhir 2009 kami mulai masuk kepada anak-anak panti asuhan.

 

  • Kenapa di beri nama ‘senyum’?

Itu spontanitas dari mas Yudha, salah satu dari ketujuh orang tersebut.  Dengan senyum kita bisa melakukan perubahan maupun melakukan hal baik bagi orang lain. Semoga dengan senyuman itu kita bisa membuat dunia tersenyum.

  • Kenapa memilih anak panti asuhan?

Karena ternyata banyak panti asuhan yang belum tersentuh kegiatan-kegiatan seperti yang kami lakukan. Banyak yang ngasih bantuan dalam bentuk dana, tapi masih sedikit lembaga  yang memberikan pendampingan kepada anak-anak panti asuhan.

 

  • Kegiatannya apa saja?

Kegiatan kami antara lain adalah ‘Wisata Bisnis’, yaitu mengajak para anak panti asuhan mengunjungi berbagai tempat usaha sehingga memotivasi untuk berwirausaha. Lalu ada ‘ Senyum Belajar Bersama’, yaitu bimbingan belajar bagi anak-anak panti asuhan mulai dari SD sampai SMA yang meliputi berbagai pelajaran formal disekolah. Selain itu juga ada program ‘Kakak Asuh’, yaitu program pendampingan dalam rangka memfasilitasi kebutuhan anak dan remaja panti asuhan yang selama ini kurang mendapat perhatian, terutama aspek psikologis. Program “Kakak Asuh’ ini diharapkan mampu menjembatani kebutuhan-kebutuhan anak panti yang belum terakomodir dengan baik.

 

 

  • Bagaimana caranya bergabung?

Kami mengadakan open recuitmen  anggota baru untuk mengisi pos-pos yang tersedia. Silahkan melakukan pendaftaran, ntar akan dihubungi oleh pihak kami untuk wawancara, setelah itu diplot sesuai kapasitas masing-masing. Informasi selengkapnya silahkan mengunjungi website kami, http://www.senyumkita.com/

  • Hambatan apa yang sering dialami?

Yang pertama adalah sering keluar masuknya orang. Kesulitannya ketika ada orang lama tiba-tiba keluar, sehingga anggota baru kurang terarahkan.

Trus yang kedua adalah masalah dana. Karena kami belum mempunyai sumber dana usaha sendiri, masih mengandalkan dari donator dan sponsorship.

 

  • Bagaimana menjaga kesolidan anggota?

Ya sebisa mungkin kami membuat kegiatannya tidak serius terus, ada fun-nya juga lah. Malahan banyak fun-nya deh. Hehe. Selain itu juga banyak-banyak berkomunikasi lewat bermacam-macam media. Dan secara formal, kita ada system kontrak sesuai programnya, bisa 3 sampai 6 bulan.

 

  • Berdasarkan pengalaman teman-teman Senyum, Apa yang menjadi keinginan anak-anak panti asuhan?

Sebenarnya keinginan mereka macem-macem, tapi pada intinya mereka punya keinginan seperti anak-anak yang lain.  Tapi butuh lebih diperhatikan karena akses yang mereka miliki tidak seleluasa anak-anak rumahan .

 

  • Motivasi apa yang diberikan anak-anak panti buat kalian?

Motivasi untuk saling berbagi. Kita nggak cuma memberikan pembelajaran, tapi juga mendapatkan banyak pembelajaran dari mereka.

Kita yang sering belajar dari mereka, meski secara kasat mata mereka tampak kurang beruntung, tapi mereka punya kesempatan lebih banyak untuk belajar.

 

  • Suka dukanya?

Senang bisa kumpul bareng mereka dan bisa menginspirasi dengan apa yang kita lakukan buat mereka. Ketika mereka senang, kita ikuatan juga jadi senang.

Sedihnya kalo ada kegiatan diluar. Kalo lagi ribet ya ribet sehingga sulit bagi waktunya.

 

  • Harapan kedepannya?

Ya semoga makin berkembang, makin banyak yang kita damping, lebih bermanfaat buat adek-adek, bisa berbagi senyum, juga lebih bisa menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>