Melayang Bersama Komunitas Foto Levitasi Hore Jogja

Yogyakarta – Studyinjogja.com, 25 April 2012

Kali ini StudyInJogja.com akan membahas satu komunitas yang fresh dan menarik pastinya. Pilihan kita jatuh pada komunitas Levitasi Hore Jogja. Setidaknya Levitasi tidak begitu asing bagi para pecinta fotografi baik yang sudah expert maupun yang sekedar hobi mengabadikan momentum tertentu melalui kamera. Nah, bagi kamu yang belum tahu banyak tentang Levitasi, yuuk kita simak informasinya melalui Q&A yang telah di rangkum sebagai berikut:

• Apa itu Levitasi?

Levitasi adalah teknik fotografi yang membuat sesuatu/seseorang tampak seolah-olah melayang tanpa menggunakan alat bantu. Levitation (dari bahasa Latin “ringan” levitas) adalah proses dimana objek dihentikan oleh kekuatan fisik melawan gravitasi, dalam posisi stabil tanpa kontak fisik yang solid. Sejumlah teknik yang berbeda telah dikembangkan untuk melayang materi, termasuk metode levitasi aerodinamis, magnet, akustik, elektromagnetik, elektrostatik, film gas, dan optik. (lebih lengkapnya dapat dibaca di wikipedia)

• Bagaimana awal terbentuknya komunitas Levitasi Hore Jogja?

Levitasi Hore adalah sebuah komunitas fotografi levitasi. Beranggotakan siapapun yang mempunyai ketertarikan dengan fotografi levitasi, baik sebagai fotografer, maupun sebagai model. Dan kami adalah komunitas penggemar fotografi levitasi yang tidak terlalu serius hanya membahas teknis fotografi, kami lebih mengutamakan bagaimana bisa saling berbagi cara membuat foto levitasi dengan fun. Karena Hore = Fun = Bersenang-senang.

Sedikit tambahan informasi mengenai awal terbentuknya Levitasi di Jakarta, kami terinspirasi oleh foto-foto levitasi karya Natsumi Hayashi di http://yowayowacamera.com/. Niat dan konsep sudah direncanakan sejak September 2011, namun baru terlaksana photowalk pertama pada tanggal 25 Desember 2011 dengan 3 orang lainnya. Photowalk pertama dilaksanakan di kawasan Thamrin dan Taman Suropati. Kemudian hasil foto-fotonya kami upload di http://levitasihore.net dan kami publish juga melalui akun twitter @levitasihore. Selanjutnya, bersama teman-teman lainnya yang mulai tertarik, kami mengadakan photowalk rutin hampir seminggu sekali.

Nah, untuk komunitas Levitasi Hore region Jogja baru terbentuk tanggal 2 April 2012. Awal terbentuknya Levitasi Hore di Jogja karena inisiatif anggota-anggota follower @LevitasiHore yang ada di Jogja untuk membentuk Levitasi Hore region Jogja. Pendirinya saya sendiri. Yang berperan penting selain admin ya semua anggotanya.

 

• Tujuannya?

Tujuannya di bentuk Levitasi Hore untuk lebih memperkenalkan fotografi gaya levitasi ke temen-temen yang tertarik dengan fotografi. Kami ingin agar fotografi gaya levitasi ini bisa menjadi tren baru di kalangan penggemar fotografi baik dari kalangan professional maupun yang sekedar hobby.

• Apa saja kegiatannya di Jogja?

Untuk saat ini kegiatan rutin tiap bulan adalah ‘hunting’ bareng levitasi (phothowalk) yang pada awalnya hanya diadakan Levitasi Hore pusat (jakarta). Serta mengadakan kumpul-kumpul (kopi darat) komunitas,untuk sharing ide-ide levitasi atau sekedar silaturahmi. . Di usahakan Photowalk seterusnya kami akan menggandeng komunitas lain, selain menjalin keakraban dengan mereka, juga sekaligus mempromosikan fotografi Levitasi, seperti yang dilakukan oleh Levitasi Hore (Pusat).

• Apa ini hanya foto “loncat-loncat-an” saja? Apa yang special dari teknik fotografi Levitasi?

Foto levitasi berbeda dengan foto yang sekedar loncat-loncat (istilahnya jump shot) Dalam foto levitasi, harus terlihat bahwa seseorang/sesuatu sedang benar-benar melayang tanpa beban dengan tanpa bantuan apapun. Ini didukung dengan kemampuan model untuk berpose melayang sepersekian detik saat dia melompat dan kemampuan fotografer untuk mengabadikan moment tersebut (frozen moment). Banyak hal yang harus diperhatikan dalam fotografi levitasi agar terlihat melayang ringan yang sering diabaikan dalam foto sekedar loncat seperti rambut model yang ga boleh terlihat berantakan, baju jangan sampai tersingkap/menggembung, dan tentunya ekspresi model yang harus terlihat meyakinkan.

• Apa semua orang bisa melakukan teknik foto ini?

Bisa! Semua fotografer meskipun hanya berbekal kamera ponsel pun bisa membuat foto levitasi. Dan siapapun bisa jadi model foto levitasi asal tahu triknya.

• Apa kenikmatan mendalami teknik fotografi ini ?

Kenikmatannya adalah, teknik fotografi ini bisa diaplikasikan dalam tema apa saja dan bisa dilakukan di mana saja dan dengan kamera apa saja. Banyak sekali tema yang bisa digali. Yang jelas sih kepuasan kita saat kita bisa membuat si model bisa benar-benar terlihat sedang melayang.

• Mengenai publikasi secara eksternal, Sudah sejauh mana publik mengenal Levitasi Hore?

Publik mengenal Levitasi Hore dari liputan TV saat kami mengadakan photowalk dan dari buzz teman-teman di Twitter yang mempunyai passion dengan fotografi levitasi. Mereka antusias membuat foto levitasi di mana saja dengan tema apa saja dan men-share ke akun Twitter kami di @LevitasiHore kemudian meluas hingga terbentuknya komunitas region Jogja di akun @levitasiHoreJGJ. Akhirnya sekarang publik khususnya mereka yang aktif di dunia maya, ramai membicarakan fotografi levitasi. Terbukti dengan ramainya submission foto levitasi ke Web komunitas kami di http://levitasihore.net

• Siapa saja anggotannya?

Mereka yang follow di akun Twitter kami dan aktif berbagi membuat foto levitasi, untuk Levitasi Hore lebih dari 2400 orang, dan Levitasi Hore Jogja bari sekitar 60 orang.

• Bagaimana cara bergabung?

Tidak ada cara yang resmi bergabung, cukup follow akun twitter kami, buat foto levitasi, submit foto ke levitasihore.net

• Dimana bisa menghubungi? (markas/web/fb/tw)

Untuk sementara baru twitter yatu @LevitasoHore (pusat) @LevitasiHoreJGJ (region jogja) website di levitasihore.net

• Hambatan didalam/diluar komunitas?

Hambatan didalam komunitas mungkin susahnya mencari waktu yang tepat untuk phothowalk dan kopdar, karena anggota Levitasi Hore Jogja belum sebanyak Levitasi Hore. Ini dikarenakan anggota Jogja dari berbagai usia dan beda-beda pekerjaan, ada yang masih SMA,kuliah, kerja. Dari luar mungkin belum ada.

• Semangat apa yang pengen teman-teman Levitasi Hore Jogja tularkan serta harapan kedepannya?

Semangat kreatif berkarya dengan terus mencari ide-ide baru. Sekaligus ingin menginspirasi teman-teman sekalian bahwa kita bisa ‘terbang’ dengan cara kita sendiri. Terutama melalui levitasi semua orang bisa mengekpresikan ‘terbang’nya sesuka hati tanpa beban dengan cara mereka masing-masing. Harapan kedepan, Pengennya sih bikin semacam pameran karya-karya foto levitasi dari teman-teman komunitas ini.

Nah, sebenernya jenis fotografi ini terbilang gampang-gampang susah karena perlu kesesuaian dan ketepatan antara momen (freeze moment), waktu melompat, ekpresi dan pose sewajar mungkin, focus hingga teknik pengambilan foto dengan memperhatikan lingkungan sekitar. Tapi tak perlu khawatir, bagi pemula yang tertarik dan ingin mencoba bisa langsung kunjungi http://levitasihore.net/tips. Disana ada berbagai tips pengambilan foto levitasi yang baik, persiapan-persiapan yang perlu dilakukan, hingga persoalan teknis sebelum mengambil foto.

Narasumber: Afrizal Hosen, Fotografer freelance sekaligus pendiri Komunitas Levitasi Hore Jogja.

Reporter: Elita Yunanda

1 Comment

  1. aryo

    July 4, 2012 at 7:14 pm

    mangggggtaaaaaaaaaaaaab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>