Kurikulum Pendidikan 2013 Rilis Mulai 15 Juli 2013

Akhirnya, kurikulum baru segera dirilis. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yakin dapat menyelesaikan persiapan pelaksanaan Kurikulum 2013. Kurikulum ini rencananya akan mulai berjalan pada tahun ajaran baru 15 Juli 2013. Para murid nanti akan menerima paket buku gratis dari Kemendikbud.


“Pelatihan guru inti pun besok kita laksanakan, jadi Insya Allah dari sisi guru tanggal 15 Juli besok sudah siap semua, besok sudah selesai. Buku-buku pun sudah bergerak dan yang jauh-jauh sudah selesai untuk bisa dipakai tanggal 15,” ujar Mendikbud, M Nuh, seperti dilansirDetikcom, di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2013).

Mengenai anggaran, imbuhnya, juga sudah beres. Termasuk anggaran untuk paket buku yang akan diberikan secara cuma-cuma bagi para siswa.

“Anggaran sudah tidak ada persoalan, anggaran untuk buku pun tidak ada persoalan. Jadi buku yang kita cetak ini akan kita bagikan kepada murid-murid tangal 15 pagi hari, akan menerima paket buku gratis,” jelas Nuh.

Kemendikbud terus mempersiapkan penerapan kurikulum 2013. Sekitar 542 orang Instruktur nasional yang dipersiapkan untuk melatih para guru se-Indonesia juga telah dilatih. Namun tidak semua instruktur nasional memiliki kesempatan untuk melatih para guru ini. Hanya yang sudah mendapatkan nilai pelatihan minimal 80.05 yang mendapat izin sebagai instruktur.

“Dari 542 orang, tercatat 409 yang memiliki nilai tersebut. Dalam pelatihan, tersebut, dilakukan pre-tes dan post-tes kepada seluruh peserta,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh di kantornya, Gedung Kemdikbud, Senayah, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2013).
Di akhir tes, tercatat nilai rata-rata seluruh peserta adalah 63,95. Kemudian peserta dipilah lagi menurut nilai.

“Hasilnya, 23,5 persen dari 542 orang, tidak memenuhi syarat untuk melatih guru inti,” jelas Nuh.

Instruktur nasional ini dilatih menggunakan 4 materi utama. Di antaranya adalah Konsep Kurikulum 2013, Analisis Materi Ajar, Model Rancangan Pembelajaran, dan Praktik. Selama 5 hari, para peserta dilatih oleh para narasumber kurikulum. Peserta terdiri dari guru, dosen, penyusun buku, dan widyaswara.

Kemendikbud sudah melatih guru selama 5 hari dan berakhir pada hari ini di 6 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Makassar, Surabaya, dan Malang. Tahap terakhir adalah pelatihan guru sasaran 9-13 Juli 2013 mendatang.

Sumber : detikcom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>