Distronesia, Distro Online Dari Jogja Yang Siap Mendunia

Siapa yang keranjingan mengunjungi Distro ? kali ini kita akan mengulik informasi seputar bisnis anak muda Jogja di bidang Distro. Ups bukan sembarang Distro loh,  Distronesia salah satu nama dari Jogja yang kini mencuat di kalangan netizen dan pecinta fashion di tanah air. Ditemani mas Rifky selaku founder Distronesia, inilah hasil ngulik kami :

Apa sih Distronesia ?

Dari segi konsep Distronesia itu simpelnya  disto online untuk  berbagai brand fashion. Di Indonesia sendiri konsep distro online baru ada satu dua alias masih sedikit salah satunya kami yang pertama. Fokus kami adalah menjual  pakaian dari brand lokal. Karena internet bisa jadi alat untuk menjual kemana saja, maka brand Clothing Company lokal  harusnya punya kesempatan lebih lewat Distronesia untuk menjangkau banyak konsumen.

Target Konsumen Distronesia itu siapa saja Mas ?

Kebetulan target Distronesia ada di semua level mulai dari anak-anak hingga dewasa. Selain transaksi bisnis kami juga punya misi memperkenalkan urban culture ke siapapun lewat Distronesia. Banyak brand yang bekerjasama dengan Distronesia, dan kami yakin brand-brand  lokal ini juga menjadi media nyata menyampikan pesan “gaya” ke berbagai orang.

Lantas apa syarat untuk Clothing Company Lokal bisa menjual barangnya di Distronesia ?

Kriteria masuk menjadi brand yang dijual di Distronesia.  Pertama kami sangat concern ke Kualitas. Bagi kami kualitas produk akan sangat menunjang bisnis kami. Karena produk dibeli di situs kami maka kamilah pihak pertama yang bertanggungjawab. Hal kedua yang harus dimiliki oleh perusahaan yang bekerjasama dengan kami adalah  Konsep harus kuat, salah satunya yang mereka perlu lakukan adalah mengirimkan katalog untuk menjelaskan konsep yang diusung.

Saat ini sudah berapa brand yang bekerjasama ?

Saat ini ada 7 brand, batasan maksimal tahun 2013 adalah  10 brand agar kami fokus, walaupun tidak menutup kemungkinan kita bakal open untuk lebih banyak brand.

Sejauh ini  salah satu kendala yang cukup menyita perhatian apa sih mas ?

Kendala kami di jumlah stock yang kadang tidak tersedia saat ada pesanan. Menjaga stock terus ada khusus untuk Distronesia itu cukup sulit. Karena belum smua clothing company bersedia menempatkan stock barang untuk gudang kami, sebagian  memang tetap di warehouse mereka cuman kita minta mereka menjaga stock untuk barang-brang yag sudah di publish di website kami.

Oh ya di Jogja sendiri kan sudah ada kompetitor nih , bagaimana tanggapan mas Rifky ?

Saya sebenarnya lebih suka banyak kompetitor malah jadi inspirasi buat kita, misalnya kompetitor lagi ngrejain sesuatu bisa jadi inspirasi buat kita. Saya juga percaya dengan brand-brand  yang sudah kerjasama kontrak dengan kami bahwa mereka akan support kita selamanya. Sebenarnya asyik juga ada kompetitor karena bareng kompetitor kita bisa edukasi kasi market bersama-sama

Sejauh ini, bagaimana dengan komplain dari konsumen ?

Kalo komplain pernah ada di awal kami berdiri, misalnya salah ukuran barang, dan kami harus cepat untuk menghandle. Karena kami sangat paham komplain di online lebih berbahaya. Kami sangat berusaha menjaga kepercayaan konsumen.

Oh ya, sampe lupa gimna nih sejarah singkat berdirinya Distronesia ?

Awal ide punya usaha bareng teman, saya juga gak asal pengin temen, saya harus tahu dulu dia bisa apa.  Di awal menjalankan Distronesia, waktu itu kita bagi pekerjaan. Untuk mas Dimas di merchandising,desain, dan menghandle web. Saya sendiri lebih ke konsep dan marketing diurus oleh mas Regga. Kami bertigalah yang menjadi founder Distronesia

Apa sih Arti Kesuksesan Buat mas Rifky ?

Arti kesuksesan buat saya ? hemm ketika kita udah fun, udah senang ngerjain apa yang kita kerjakan. Saya sudah lama senang dengan fashion,marketing dan desain saya cukup menikmati itu.

Apa tips yang perlu dicatat untuk para pendatang baru di dunia Startup ?

Tips saya buat yang bikin startup. Ide bagus itu setiap orang bisa buat tapi eksekusi  ide belum tentu semua orang bisa.  Seperti dulu saya punya ide banyak tapi gak jalan karena eksekusinya jelek. Selain itu, saran saya adalah fokus ke project yang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>