Cara Gila Belajar Bahasa Inggris

Banyak sekali tips dan trik cara agar berbicara Bahasa Inggris dengan lancar, jelas, tepat dan akurat. Namun kadang cara-cara tersebut luput dari ingatan kita (mending kalau hanya tidak ingat, kalau tidak tahu gimana ya?). Oleh karena itu, disini studyinjogja mau ngasih tips gimana sih supaya bisa bicara Bahasa Inggris dengan lancar dan jelas.

Ini adalah cara ‘gila’ lancar berbicara Bahasa Inggris. Namanya juga gila, jika kamu semua nggak berani, alangkah baiknya jangan dipaksakan. Namun bagi yang mempunyai jiwa pemberani, coba saja. Berikut adalah beberapa cara gila agar lancar bicara Bahasa Inggris :

1. Jangan Nonton Sinetron

Nah, kok nggak nyambung? Jangan salah dulu. Maksudnya, jangan nonton tontonan yang berbau bahasa kita, Bahasa Indonesia. stop doing those! Selama menekuni Bahasa Inggris, alangkah baiknya Ganti tontonan tersebut dengan nonton film barat yang subtittle nya bahasa inggris. Bisa juga nonton video konser Muse, Metallica, Oasis, Queen, My Chemical Romance atau musisi barat lainnya baik yang cewek ataupun cowok, syukur-syukur yang alirannya Rap, kaya Eminem.

2. Baca Novel “Don Quixote” karangan Miguel de Cervantes

Baca sampai hafal hingga titik komanya. Kalau nggak punya novel tersebut, cukup baca Novel “Middlemarch” karangan George Eliot dan jangan lupa hafalin semua kosakatanya. Pokoknya baca buku yang bahasanya bahasa Inggris

3. Anggap semua orang sebagai bule

Baik itu teman nongkrong, teman sekolah, teman kuliah, dosen, pengemis, tukang ojek, sopir angkot, supir bis, supir taksi, tukang bangunan, kyai, pedagang cimol, pedagang somai, pedagang bakso, dan semua orang yang ada di sekitar kita bahkan orang tua kita sekalipun. Hal ini agar kita tidak malu berbicara Bahasa Inggris dengan mereka semua.

Kita mau beli baju ya ngomong inggris, kita sms ya nulis inggris, kita beli gorengan ya ngomong inggris, kita nawar sepatu ya pake bahasa Inggris dan terus bicara Inggris tanpa perlu memandang dengan siapa kita bicara. Jangan takut kita dibilang “gila”, karena tujuan akhir dari cara gila ini adalah menjadikan kita orang gila, eh maksudnya lancar bahasa Inggrisnya.

Ketiga cara tersebut sudah cukup menghabiskan hari-hari kita. Kalau ketiga cara ekstrim lancar berbahasa Inggris tersebut sudah dikuasai dalam jangka 3 bulan, alias 3 bulan tanpa berbicara bahasa nasional ataupun bahasa daerah kita, meski hanya satu kata, maka cara tersebut sudah cukup mewakili sekian ribu cara berbicara Bahasa Inggris dengan Lancar.

Ingat, belajar bahasa inggris itu seperti belajar naik sepeda. Kalau naik sepedanya terus-terusan, pasti lebih cepat lancarnya. Kalau belajarnya seminggu sekali, mau sampai kapan belajarnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>