Bahaya Begadang

“Begadang boleh saja asal ada kopinya”, celotehan unik mahasiswa yang gemar melakukan aktifitas tidak tidur semalam suntuk biasa disebut dengan istilah begadang. Mengejar deadline tugas, bermain game atau hanya sekedar nongkrong bareng sama teman-teman di café sering menjadi penyebab seorang begadang. Banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari fakta negatif begadang. Universitas California, San Diego menemukan bahwa manusia yang memiliki umur panjang membutuhkan waktu tidur malam sekitar 6-7 jam.

 

Perlu diketahui bahwa larangan begadang itu bukanlah isapan jempol belaka. Terdapat organ tubuh manusia yang melakukan aktifitasnya pada waktu tersebut, seperti Pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun(de-toxin) pada organ-organ tertentu sekitar 10 jam dari pukul 21.00-07.00. Isirahat yang cukup di malam hari menjadi kewajiban bagi setiap manusia. berikut dampak negatif dari begadang

1.Berpengaruh pada system kerja otak

Berpengaruh pada kinerja memori yang akan menurun drastis. Mengapa demikian, karena kerja otak akan lebih banyak sehingga berujung pada peningkatan hormone stress menurut hasil penelitian sebuah sekolah system obat-obatan maju di San Diego.

2. Berpengaruh pada Pertumbuhan

Pertumbuhan sel-sel tulang terjadi pada saat tidur pulas dimalam hari, jika seseorang begadang maka dia tidak akan memperoleh waktu pertumbuhan tulang yang optimal.

3.Kurang Konsentrasi

Begadang yang dilakukan untuk mempersiapkan ujian di hari esok merupakan pilihan yang salah. Alih-alih mempersiapkan, hal tersebut membuat lebih sering membuat kita gagal. Mengapa demikian? Karena otak kita sudah lelah dan tidak mampu berkonsentrasi sehingga ketika sudah dihadapkan pada soal-soal kita malah sering blank dan tidak bisa berpikir.

4.Mudah sakit

Kesehatan merupakan aspek yang tidak boleh ditawar. Seorang yang tidur malam hari maka tubuhnya akan lebih baik dalam pembuatan system imun(kekebalan). Begitu juga sebaliknya, seorang yang begadang tidak akan maksimal dalam pembuatan system imun tersebut. sehingga bagi seorang yang sering begadang daya tahan tubuhnya akan menurun.

Kontributor Studyinjogja : Rahadiyand Aditya (@radith_die2tz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>