Asyiknya Kolam Renang DI Jogja

 Apa yang terpikirkan oleh kalian jika ingin berenang? Pastinya langsung mencari kolam renang umum yang nyaman kan, atau malah pergi ke waterboom bahkan ke pantai. Bagi kalian yang suka wisata air pasti memilih berwisata ke tempat-tempat wisata air di Jogja. Tapi buat kalian yang swimming addict pasti lebih memilih berenang di kolam renang umum. Alasannya karena lebih lebar bisa untuk benar-benar melakukan kegiatan berenang sekaligus olahraga air yang menyenangkan ini. So, tak perlu khawatir kalau ingin mencari kolam renang di Jogja. Ini nih dafar kolam renang buat kalian yang suka banget berenang.

1.Umbang Tirta (outdoor)

 

Kolam renang yang satu ini bisa dibilang kolam renang tertua di Jogja karena udah ada sejak dahulu sebelum keberadaan kolam renang lainnya. Tarif di kolam renang ini flat untuk hari biasa maupun hari libur Cuma Rp5.000,00 termasuk murah dong ya. Alamatnya terletak di kompleks Stadion Kridosono, Kotabaru Yogyakarta. Jam buka mulai pukul12:00, tetapi untuk hari Senin tutup karena untuk perawatan atau bahasanya dikuras.

2. Kolam renang UNY (outdoor)

 

Satu lagi kolam renang yang sudah sejak lama ada di Jogja adalah kolam renang UNY atau yang dulu dikenal dengan kolam renang IKIP. Alamatnya di Kompleks Universitas Negeri Yogyakarta Samirono (Boulevard UGM ke arah timur). Buat mahasiswa/i UNY pasti tau dong ya kolam renang ini karena juga merupakan bagian dari fasilitas Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY. Tarif hari Biasa Rp6.000,00 sedangkan untuk Sabtu/Minggu/Libur Rp7.000,00, serta jam buka : 06.00 – 20.00.

3.Kolam renang Depok Sport Center (indoor dan outdoor)

Kolam renang yang satu ini tergolong baru dan modern yang merupakan saah satu pusat olahraga di Jogja. Keuntungannya berenang di kola mini kita juga bisa sekaligus merasakan fasilitas lainnya di Depok Sport Center (DSC) tapi tentunya juga berbayar. Di area ini terdapat 3 Kolam renang 1 outdor dan 2 indoor yang maing-masing memiliki kedalaman berbeda. Alamatnya di Kompleks Depok Sport Center, Depok, Sleman, Yogyakarta. Tarif : Senin-Jumat Rp11.000,00 dan Sabtu/Minggu/Libur RP13.000,00.

4. Salsabila (indoor)

 Satu lagi kolam renang yang nyaman dan lumayan bersih di Jogja adalah Salsabila. Selain karena kondisinya masih baru, kolam renang ini juga selalu dijaga kebersihannya olah petugas. Alamatnya terletak tidak jauh dari Depok Sport Center tepatnya di Jalan Seturan No.15 Catur Tunggal, Depok, Sleman. Biaya masuknya adalah Rp10.000,00 per orang. Dengan jam buka mulai pukul 06.00 – 20.00. Buat kamu-kamu yang takut item karna renang di outdoor gak usah takut karena kolam di Salsabila sifatnya tertutup (indoor).

5. Kolam Renang Tirta Sari (indoor)

Kolam renang yang tak kalah nyamannya di sekitaran Sleman adalah Kolam Renang Tirta Sari. Alamatnya di Jalan Kaliurang KM 9, Sleman (timur jalan) Ngaglik, Sleman, 55581, Telepon +62-274-880926. Kolam renang ini juga tergolong baru dan modern serta kondisinya yang tergolong bersihdan relative murah. Ada 3 kolam disana yaitu untuk anak-anak, balita dan dewasa. Untuk tarif flat setiap hari dikenakan biaya sebesar Rp6.000,00 per orang dengan jam buka mulai pukul 06.00-17.00.

6. Tirta Tamansari “Water Byur” (outdoor)

 

Tidak hanya di kawasan Sleman dan kota di Bantul juga terdapat kolam renang Tirta Tamansari yang lumayan terkenal bagi warga Bantul. Dulu kolam renang ini sangat minim fasilitas tetapi setelah dikelola dengan ini kolam renang ini menjadi alternative wisata air keluarga yang sekarang lebih dikenal dengan “Water Byur” Tirta Tamansari ditambah dengan fasilitas taman yang rindang pula. Luas areal kawasan ini mencapai 1,5 hektar dengan 1 kolam renang khusus anak-anak, kolam untuk remaja dan dewasa, serta 1 kolam water byur. Alamatnya terletak di Bantul Kota (Masjid Agung Bantul ke arah timur). Untuk tarifnya flat baik hari biasanya maupun hari libur yaitu sebesar Rp6.000,00 dengan jam buka pukul 07.00-17.00.

Selain Kolam rang umum diatas sebenarnya masih banyak lagi kolam renang di Jogja, terutama di kawasan resort, restaurant, maupun hotel. Ada lagi kolam renang yang sifatnya wisata air seperti waterboom, seperti Waterboom di Gabusan dan Waterboom Balong di Pleret, Bantul. Di Jogja banyak sekali hotel yang menyediakan fasilitas kolam renang baik bagi wisatawan yang menginap maupun bagi umum. Mulai dari hotel berbintang hingga hotel melati memiliki kolam renang yang memiliki karakteristik tersendiri, utamanya dari segi fasilitas dan harga tiket masuk. Untuk kalian yang ingin mencoba hal baru bisa berenang di Hotel Melia Purosani, Hotel Hyatt, Hotel Matahari di jalan parangtritis, Hotel Airlangga di jalan Prawirotaman, Hotel Brongto dengan Kolam Renang Tirta Kencana di jalan Suryodiningratan, bahkan bisa berenang di Casa Grande, salah satu kompleks perumahan elit di Jogja.

Tapi, perlu dicatat biasanya untuk berenang di hotel biasanya dikenakan biaya yang cukup mahal apalagi hotel berbintang 4 atau 5, serta menggunakan system member. Jadi, buat kalian yang memang sangat hobi berenang alangkah baiknya memilih system member meski jatuhnya lebih mahal tetapi mendapatkan fasilitas yang memadai. Nah, buat yang sekedar ingin mencoba bisa bayar langsung di tempat karena jika jadi member tapi gak rajin berenang sama aja rugi bayar per bulan.

Oleh: Elita Yunanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>