Wajah Cantik Di Balik Akun Twitter Brand Besar

Social media memang semakin banyak dijumpai, mulai dari friendster lalu merabah ke facebook, dan twitter. Seperti halnya aplikasi untuk social media yang berkembang, ternyata social media juga dapat mengembangkan profesi baru yaitu admin media sosial. Buat yang senang berkicau dengan 140 karakter tentu saja menganggap menjadi admin twitter adalah salah satu hal yang mudah. Apalagi, bisa bekerja di mana saja kapan saja selama terhubung dengan internet. Maraknya smartphone dan paket mobile internet murah juga memudahkan seorang admin untuk memantau twitter dan FB. Tetapi apakah semudah itu? Jika semudah itu mengapa brand terkenal seperti @MyMagnumID, @OxyID, dan sebagainya harus menggunakan jasa admin twitter?

Sebagai seorang admin akun brand, kepiawaian mengolah kata dan kreatifitas tentu saja menjadi modal utama untuk admin brand di twitter. Wahidah Oktavia berbagi ceritanya menjadi admin salah satu brand provider ternama di tanah air. Kuliah sambil bekerja di jalanin perempuan yang sedang menempuh tugas akhir ini untuk menambah pengalaman baru. Membuka online shop dikerjakannya pertama kali bersama Mbak Kosan sebelum akhirnya menjadi admin brand twitter.

“Pertama kali buka online shop. waktu itu online shop belum trend seperti sekarang. Kami merintis online shop yang menjual barang handmade dan reseller beberapa barang. Alhamdulillah berkembang selama 2 tahunan.”

Awal Wahidah menjadi admin jejaring sosial (facebook dan twitter) dari membantu teman merintis usaha media online specialist. Bidang ini terdengar baru dan mempunyai prospek ke depan, akhirnya teman mendirikan Comanditaire Venootschap (CV) atas nama Brand Indonesia.

“Awalnya sih aku belum familiar dengan hal-hal semacam itu, akhirnya lama-lama banyak belajar dan jadi tertarik. Yang dicari adalah pengalaman baru, komunitas baru, dan pastinya tambahan uang.”

Menemukan kata-kata yang bisa membuat orang tertarik berkomentar atau mengikuti timeline twitter kita memang gampang-gampang susah. Tentunya butuh jam terbang yang cukup lumayan. Hal ini juga dikuatkan oleh perempuan yang pernah melamar sebagai gardu depan di salah satu perusahaan baju lokal di Jogja.

“Kita bisa karena biasa. Banyak hal yang bisa dibicarakan tentang hal ini. Membicarakan “engagement” seseorang untuk follow akun yang kita kelola itu gampang-gampang susah. Caranya adalah menjaga konsistensi konten tweet, program, dan interaksi menarik.”

Dalam mencari insipirasi dalam mengelola kata-kata Wahidah mendapatkan inspirasi dari banyak hal. Dari orang-orang sekitar, lingkungan, semua yang dekat dengan kita, cara berpikir kita, dan pastinya dari diri kita sendiri.

Jika sedang sulit mencari inspirasi atau bosan dengan rutinitas, mahasiswi jurusan hububgan internasional ini biasanya memilih untuk berkumpul bareng, ngobrol, dan bercanda. Selain itu menonton film dan mendengarkan musik paling sering dilakukan dan sangat membantu menaikkan mood.

Perempuan yang hobi membaca ini berusaha membagi waktunya agar tidak mengganggu Indeks prestasi kuliahnya dengan berbagi tugas sama teman, saat merintis online shop. Biasanya cari waktu senggang juga setelah selesai kuliah atau libur untuk memenuhi pesanan. Kalau untuk menjadi admin biasanya membuat jadwal update dan berusaha meluangkan waktu untuk membalas tweet atau direct message dilakukanya saat bertugas. Pekerjaan admin ini biasanya pakai sistem shift.

Saat ditanya bagaimana cara agar mata tidak lelah jika terus menatap layar komputer atau gadget, mahasiswi asal Surabaya ini menuturkan walaupun bukan pemakai kacamata minus, tapi kalau di depan komputer biasanya pakai kacamata non minus yang kacanya berfilter untuk menjaga agar mata agar tidak sakit dan pusing. dan satu lagi selalu usahakan untuk minum jus tomat dan wortel tiap ada kesempatan.

Perempuan yang juga merintis usaha laundry bersama temannya ini berbagi tips untuk menjadi admin brand twitter “Sebenernya ada 2 macam admin, yang memang vendor untuk perusahaan dan yang buat pribadi. Pribadi bisa ada yang untuk nama asli, anonim, iseng, hobi, dan lain-lain. Kalau yang memang vendor pasti dibayar, tinggal mencari klien perusahaannya. Kalau pribadi juga bisa dapet fee terutama kalau followersnya banyak. Intinya cari konten menarik yang mass interact dan gaet followers. Lalu bener-bener akunnya manusia bukan robot, rajin ikut kumpul komunitas onliners, nanti informasi dan kesempatan dapet fee juga datang. Jangan lupa saat mencari kliens lalu menjadi adminya, ketahui target pasar, target followers. Lalu, siapkan konten yang menarik sesuai target. Persiapkan waktu lebih juga untuk selalu update di dunia maya”

Nah tertarik untuk bekerja sambil kuliah? Memilih pekerjaan yang tidak mengganggu kuliah dan juga bisa menambah uang saku? Menjadi admin twitter memang bisa menjadi slah satu pilihannya. Selamat mencoba.. terutama untuk kamu yang memang hobi online..

9 Comments

  1. Cendhika

    March 27, 2012 at 4:49 am

    Yang kayak gini yang bisa memaksimalkan waktu online. Salut liat sosok kayak gini disaat banyak yang lain pake social media untuk bergalau ria. Wkwkw anyway untuk jadi tweet representative dari brand gini cantik bukan termasuk syarat kan? *eh

  2. karin

    March 27, 2012 at 12:16 pm

    Hehe… cendhika.. ga jg lah.. yg penting kreativitas..
    semoga menginspirasi ni..

  3. Obat Anti Rokok

    April 4, 2012 at 4:16 pm

    Bermanfaat.. terus berbagi!
    salam sehat :)

  4. Fatahillah

    April 17, 2012 at 3:43 pm

    hebat nian bisa membagi bagi waktu…. patut ditiru ni yang kayak begini….

  5. temonehm

    May 9, 2012 at 3:15 am

    :D mbak way…

  6. eko

    May 25, 2012 at 9:50 pm

    saluuuttt ma mba bro….

  7. rofiah

    June 1, 2012 at 1:45 am

    kalo boleh tahu gimana caranya biar jadi admin brand twitter? daftarnya gimana?

  8. @ahmadmufidcom

    June 8, 2012 at 10:08 am

    Inspiring story. :)

  9. Pingback: Admin Twitter | studyinjogja.com « Oktavia Style

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>